CatatankuCC

Monday, July 2, 2012
Posted by Unknown

CatatankuCC


Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya

Posted: 01 Jul 2012 10:56 AM PDT

Perbedaan Level Mikrotik Router OS, harga dan Kemampuannya

Seperti layaknya router lainnya, Mikrotik juga mempunyai level. Tiap-tiap level mempunyai perbedaan kemampuan dan tentunya harga lisensinya juga. Tapi dibanding dengan produk router lainnya, mikrotik mempunyai keunggulan kemampuan sekaligus harganya.

Marilah sekarang kita lihat warnet di sekitar kita, Mikrotik Router type RB700 (RB750, RB750G) menjadi idola untuk menangani routing dan management bandwith dalam sekala kecil. Mikrotik type RB700 yang merupakan routerboard yang dikemas dalam kemasan mungil ini sudah tersedia 5 port ethernet 10/100 dan mempunyai level-4. Dengan harga 400-an ribu rupiah, Mikrotik type ini menjadi router murah dengan kemampuan yang handal.

Perbedaan Level Mikrotik Router OS, harga dan Kemampuannya

Berbicara masalah perbedaan level di Mikrotik, tentunya tidak lepas dari harga lisensi dan kemampuan yang terdapat di dalamnya. Sekarang marilah kita abaikan dulu berbagai type Mikrotik yang sudah dipaket antara RouterBoard dengan RouterOS yang sudah dimasukkan dalam suatu kemasan produk.

Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya

Perbedaan Level Mikrotik Router dan Kemampuannya

Mikrotik Router hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya yang berbeda-beda.

 

Level number1 (DEMO)3 (ISP)4 (WISP)5 (WISPAP)6 (Controller)
Wireless Client and Bridge--yesyesyes
Wireless AP---yesyes
Synchronous interfaces--yesyesyes
EoIP tunnels1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
PPPoE tunnels1200200500unlimited
PPTP tunnels1200200unlimitedunlimited
L2TP tunnels1200200unlimitedunlimited
VLAN interfaces1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
P2P firewall rules1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
NAT rules1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
HotSpot active users11200500unlimited
RADIUS client-yesyesyesyes
Queues1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
Web proxy-yesyesyesyes
RIP, OSPF, BGP protocols-yesyesyesyes
Upgradeconfiguration erased on upgradeyesyesyesyes

Mikrotik Level 0

Mikrotik Level 0 ini merupakan trial version dari Mikrotik. Lisensi Mikrotik ini gratis dan tidak membutuhkan lisensi untuk penggunaannya. Tapi di Level 0 ini penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.

Mikrotik Level 1

Mikrotik Level 1 ini merupakan demo version dari Mikrotik. Mikrotik Level 1 ini hanya dapat difungsikan sebagai routing standar  dengan 1 pengaturan. Dengan fungsi yang terbatas itu, Mikrotik Level 1 ini tidak dibatasi dengan limit waktu untuk penggunaannya.

Mikrotik Level 3

Mikrotik Level 3 ini merupakan Mikrotik level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen router ber-interface ethernet. Mikrotik level 3 ini lebih banyak digunakan sebagai CPE/wireless client (Lisensi Level 3CF-CPE), atau point to point. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client.

Mikrotik Level 4

Mikrotik Level 4 ini merupakan Mikrotik level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola wireless client atau serial interface. Mikrotik level 4 inilah yang paling banyak digunakan karena mempunyai harga yang murah. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client dengan 200 user aktif.

Mikrotik Level 5

Mikrotik Level 5 ini merupakan Mikrotik  level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan wireless AP.  Mikrotik level 5 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan 500 user aktif.

Mikrotik Level 6

Mikrotik Level 6 ini merupakan Mikrotik semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.  Mikrotik level 6 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan user aktif yang tak terbatas.

Perbedaan Harga Mikrotik Router dan Kemampuannya

Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya

Harga Mikrotik Lisensi RouterOS Level 4

Mikrotik Lisensi RouterOS Level 4 merupakan solusi router dengan kemampuan Firewall, Bandwidth Management, Web Proxy, Secure Tunnel (EoIP, PPPoE, PPTP, L2TP), VLAN, dynamic routing (BGP, RIP, OSPF) (tidak bisa untuk dynamic routing pada Mikrotik versi 2.10), Hotspot Gateway (200 user), Serial Interface, Wireless Client, dan dapat diupgrade selama dalam versi mayor yang sama dan 1 versi mayor sesudahnya.

Harga Lisensi : Rp. 400.000,-
Harga Lisensi dengan DOM : Rp. 750.000,-

Harga Mikrotik Lisensi RouterOS Level 5

Mikrotik Lisensi RouterOS Level 5 merupakan solusi router dengan kemampuan Firewall, Bandwidth Management, Web Proxy, Secure Tunnel (EoIP, PPPoE, PPTP, L2TP), VLAN, dynamic routing (BGP, RIP, OSPF), Hotspot Gateway (500 user), Serial Interface, Wireless Access Point, dan dapat diupgrade selama dalam versi mayor yang sama, dan 1 versi mayor sesudahnya.

Harga Lisensi : Rp. 850.000,-
Harga Lisensi dengan DOM : Rp. 1.200.000,-

Harga Mikrotik Lisensi RouterOS Level 6

Mikrotik Lisensi RouterOS Level 6 merupakan solusi router dengan kemampuan Firewall, Bandwidth Management, Web Proxy, Secure Tunnel (EoIP, PPPoE, PPTP, L2TP), VLAN, dynamic routing (BGP, RIP, OSPF), Hotspot Gateway (unlimited user), Serial Interface, Wireless Access Point, dan dapat diupgrade selama dalam versi mayor yang sama, dan 1 versi mayor sesudahnya.

Harga Lisensi : Rp. 2.000.000,-
Harga Lisensi dengan DOM : Rp. 2.300.000,-

Semua harga yang tercantum berdasarkan harga yang tertera pada Mikrotik Indonesia


Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ?

Posted: 01 Jul 2012 08:37 AM PDT

Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik

Pada saat aku otak-atik lagi setting dan fitur-fitur Mikrotik di suatu warnet, ada suatu pertanyaan “apa itu Mikrotik”. Memang banyak yang sudah mengenal Mikrotik. Tapi ternyata banyak juga yang belum mengenal Mikrotik ini.

Saat ini Mikrotik sudah banyak digunakan oleh warnet dan hotspot dalam skala kecil sampai besar. Pemilihan Mikrotik ini dikarenakan munculnya berbagai type Mikrotik yang handal dengan harga murah. Apa sih sebenarnya Mikrotik ini?  Oke. Marilah kita bahas ini di pengenalan mikrotik ini…

Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ? Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ?

MikroTik adalah suatu RouterOS (Router Operating System) yaitu sistem operasi atau software yang dapat digunakan menjadi komputer router network yang handal dengan berbagai fitur yang dibuat untuk mengatur ip network dan jaringan wireless.

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) model OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.

Mikrotik berawal dari perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Pembentukan Mikrotik diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins pada tahun 1995. John dan Arnis pada awalnya merupakan Wireless ISP (WISP) dengan memanfaatkan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova, tetangga Latvia. Tapi dalam perkembangannya, Mikrotik menjadi suatu program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia yang cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Pengenalan Mikrotik

Fitur-Fitur Mikrotik

Berikut fitur dari MikroTik

Penanganan Protokol TCP/IP:

  • Firewall dan NAT
  • Routing – Static routing
  • Data Rate Management
  • Hotspot
  • Point-to-Point tunneling protocols
  • Simple tunnels
  • IPsec
  • Web proxy
  • Caching DNS client
  • DHCP
  • Universal Client
  • VRRP
  • UPnP
  • NTP
  • Monitoring/Accounting
  • SNMP
  • M3P
  • MNDP
  • Tools

Layer 2 konektivitas:

  • Wireless
  • Bridge
  • Virtual LAN
  • Synchronous
  • Asynchronous
  • ISDN
  • SDSL

Level Mikrotik Router dan Kemampuannya

Mikrotik Router hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya yang berbeda-beda.

  • Level 0 (gratis). Tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
  • Level 1 (demo). Dapat digunakan sebagai fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
  • Level 3. Mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen router berinterface ethernet.
  • Level 4. Mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola wireless client atau serial interface, untuk aplikasi hotspot bisa digunakan untuk 200 pengguna.
  • Level 5. Mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan wireless AP, untuk aplikasi hotspot bisa digunakan untuk 500 pengguna.
  • Level 6. Mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun, untuk aplikasi hotspot bisa digunakan untuk pengguna yang tidak terbatas.
Level number1 (DEMO)3 (ISP)4 (WISP)5 (WISPAP)6 (Controller)
Wireless Client and Bridge--yesyesyes
Wireless AP---yesyes
Synchronous interfaces--yesyesyes
EoIP tunnels1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
PPPoE tunnels1200200500unlimited
PPTP tunnels1200200unlimitedunlimited
L2TP tunnels1200200unlimitedunlimited
VLAN interfaces1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
P2P firewall rules1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
NAT rules1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
HotSpot active users11200500unlimited
RADIUS client-yesyesyesyes
Queues1unlimitedunlimitedunlimitedunlimited
Web proxy-yesyesyesyes
RIP, OSPF, BGP protocols-yesyesyesyes
Upgradeconfiguration erased on upgradeyesyesyesyes

Produk Mikrotik

Saat ini produk-produk Mikrotik sudah lebih berfariasi. Mulai dari membeli lisensi RouterOS, lisensi RouterOS dengan DOM, Routerboard, Router indoor, Router outdoor, Router rackmout, groove, antena, wireless, interface dan sebagainya.
Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ? Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ?

Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ? Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ?

Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ? Pengenalan Mikrotik: Apa itu Mikrotik ?

Berikut macam produk Mikrotik:

  • Lisensi Mikrotik (tanpa DOM)
  • Lisensi Mikrotik (dengan DOM)
  • Upgrade Lisensi
  • Switch
  • Mikrotik RouterBoard (only)
  • Mikrotik Router Indoor
  • Mikrotik RouterBoard 2011
  • MikroBits Aneto NEW
  • MikroBits Ainos
  • MikroBits Celoica
  • MikroBits Dinara NEW
  • Router Ogma Connect
  • Wireless Outdoor 800
  • Wireless Indoor 800
  • Wireless Indoor 493
  • Wireless Outdoor 435
  • Wireless Outdoor 433
  • Wireless Indoor 433
  • Wireless Outdoor 411
  • Wireless Indoor 411
  • Wireless Outdoor 711
  • Groove
  • Metal
  • Embedded 2.4GHz
  • Embedded 5.xGHz
  • Interface
  • Outdoor Antenna
  • Indoor Antenna

sumber: wikipedia & mikrotik


0 comments: