CatatankuCC

Sunday, October 16, 2011

CatatankuCC


Mimbar Bebas Blogger Nusantara

Posted: 15 Oct 2011 08:33 PM PDT

Membangun Paguyuban Blogger Nusantara
Sebuah Proposal Mimbar Ekspresi Blogger

Mimbar Bebas Blogger NusantaraSejarah tak lepas dari berbagai kemajuan yang terjadi di Nusantara sejak zaman nenek moyang hingga saat ini. Tak lepas bahwa keelokan bumi Nusantara dan segala macam konten alamiahnya menjadi incaran banyak orang maupun negeri-negeri miskin sumber daya. Sejarah pun mencatatakan bahwa nusantara pernah dijajah bangsa asing untuk sekian lama, meskipun itu mungkin hanya klaim. Namun apa yang dialami saat sekarang ini adalah bukan lagi bentuk penjajahan akan sumber daya alam saja, namun reproduksi bahwa bangsa pribumi inlander selalu saja bisa dipengaruhiunt uk bergantung pada bangsa lain, meski hal ini untuk saat ini jelas dinafikan dan tidak diakui banyak pihak. Karena keterbatasan laju teknologi ataupun alasan lain yang sangat banyak jika dituliskan di sini.

Selain acara seminar untuk pengkayaan khasanah bloggeriyah di siang hari, Pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Taman Makam Pahlawan. Satu hal yang menarik adalah mimbar bebas dan ekspo komunitas blogger seluruh nusantara di gedung tenis Indoor Deltras Sidoarjo, Jawa Timur yang berfungsi juga sekaligus sebagai tempat mengginap di malam hari.

Wacana pembentukan Paguyuban Blogger Nusantara mendapatkan wadahnya untuk menggodok hingga matang di forum bergembira, tidak formal namun memiliki ekses yang luar biasa ini. Di mana siapapun saja peserta dapat mengungkapkan isi hati, opini, pengalaman hingga cita-cita besarnya bagi blogger secara individu maupun sebagai komunitas tempat berkumpulnya.

Aktifitas ini berlangsung pada malam hari di gedung tenis indoor, dan diharapkan menjadi ajang keakraban paling akrab di event-even bertemunya para aktivis blogger yang notabene sangat sulit untuk dapat bertemu karena kesibukannya masing-masing.

Secara, kegiatan ini sangat bebas tanpa rundown yang macam-macam, dan bisa berubah setiap saat sesuai keperluan dan hangatnya suasana, tanpa di batasi waktu selain karena mengantuk secara alamiah, dan tidak membuat terlalu ngantuk pada sesi siang harinya.

Sebagai gambaran mungkin akan diabsen saja per komunitas untuk memberikan suaranya, mengapa komunitas, karena dianggap mewakili banyak orang, dan tentunya lebih mudah. Meskipun suara pribadi pun sangat diharapkan juga kehadirannya, karena roh komunitas adalah juga anggotanya secara pribadi dan sebagai entitas blogger yang harus difasilitasi dan dihargai pendapat dan suaranya.

Di mohon  setiap komunitas untuk menampilkan apa yang sudah dan akan dikerjakannya sekaligus sebagai ajang saling belajar dan mempererat persaudaraan, meski mungkin hanya 15 menit namun akan sangat berarti bagi semua yang hadir, dan terbuka kemungkinan untuk berdiskusi, dan terbuka kemungkinan untuk tampil kembali jika memang diperlukan.

Malam Pertama:
Jumat. 28 Oktober 2011

Malam hari ini, boleh untuk promo dan segala macam promo tentang produk lokal hingga mimpi blogger. Mengenalkan apa yang sudah dilakukan, bagaimana melakukan. Semua blogger yang punya produk wajib tampil, baik produk komunitas ataupun sendirian. Boleh membawa pamflet atau alat promosi ala blogger. Misalnya penerbitan atau launching buku, bahkan boleh juga launching blog.

Malam Kedua:
Sabtu, 29 Oktober 2011

Diharapkan untuk tampil adalah Komunitas TPC, Blogger Ngalam, Internet Sehat, Bengawanm Blogger Kota Reyog, Gresik, Anging Mamiri, Patemon, Peniti, Blog detik, Kompasiana, Multiply, Suara Komunitas dan komunitas lainnya yang bisa mendaftar atau konfirm via email maupun pada hari saat pergelaran ini berlangsung, dengan topik acuan Perlu atau tidak perlukah adanya Paguyuban Blogger Nusantara, dan apa yang bisa diharapkan maupun yang tidak bisa diharapkan, sebuah brainstorming.

Apa Manfaat Mimbar Bebas Berekspresi ini?

Sangat banyak tentunya, namun bolehlah untuk sekedar dituliskan:

  1. Tak kenal maka tak sayang
  2. Peta minat blogger senusantara yang hadir
  3. Apa yang sudah dilakukan blogger untuk dirinya
  4. Apa yang bisa dimanfaatkan bersama
  5. Apa yang bisa kita sumbangkan bersama
  6. Bisakah kita berjejaring

Bukan membual dan muluk-muluk, namun apabila kesempatan ini bisa kita gunakan bersama untuk kebaikan semua, tentu akan banyak manfaat dan tentu saja produksi pengetahuan yang baru buat kita semua.

Bagi yang tertarik dan ingin bersuara, silahkan mendaftar ke panitia@bloggernusantara.com dengan subyek, mimbar bebas blogger berekspresi, atau akan dikoordinasikan oleh korwil masing-masing.

Salam Blogger Nusantara.

by Suryaden
Ketua SC Blogger Nusantara


Kertas Posisi Blogger Nusantara

Posted: 15 Oct 2011 05:58 PM PDT

Tentang Blogger Nusantara

Kertas Posisi Blogger Nusantara

Pada awalnya ide ini digagas sebagai kopdar blogger senusantara. Kemudian berkembang dengan sambutan dari komunitas-komunitas yang tergabung pada acara bloglicious, dimana kegiatan ini adalah untuk meningkatkan gairah blogging dan monetizing blog, dan kegiatan sosial media di media internet. Acara kopdar kemudian menghangat dan diperlukan konten acara yang bermanfaat dan berkelanjutan, utamanya adalah blogpreneur.

Menjadi blogpreneur memang memerlukan beberapa langkah lanjutan meski dengan beberapa jalan pintas monetizing blog bisa saja dilakukan, seperti copy paste artikel untuk menembak keyword di hasil pencarian mesin pencari. Mengajak untuk menulis dan melakukan aktivitas blogging secara positip untuk meningkatkan kredibilitas blogger sebagai khasanah kerja profesional, menjadi dasar bagi Blogger Nusantara untuk membangun masyarakat blogger yang sebenarnya.

Maksud Blogger Nusantara

Menyatukan blogger se nusantara yang memiliki idea dan tujuan yang sama ke dalam sebuah wadah alternatif untuk belajar dan mewujudkan cita-citanya menjadi blogger profesional yang memiliki kapasitas menjadi blogpreneur.

Cita-Cita Blogger Nusantara

  • Memberikan dukungan kepada komunitas blogger untuk dapat berkegiatan secara berkelanjutan,
  • Membangun komunitas atau paguyuban sebagai wadah sekaligus payung blogger Indonesia,
  • Membangkitkan potensi blogger untuk dapat berkarya melalui aktivitas-aktivitas yang mendukung dan terukur melalui pembelajaran penulisan, teknik blogging, sosial media workshop dan sebagainya.
  • Membangkitkan kembali kesadaran akan geolokasi, kebersamaan, persaudaraan serta kritis terhadap perkembangan zaman dan teknologi informasi serta penjernihan masalah terkait informasi warga.
  • Membangun peluang kepada blogger untuk dapat hidup dalam profesinya sebagai blogpreneur dengan cara-cara yang layak untuk di apresiasi.

Memulai Paguyuban Blogger Nusantara

Sebagai individu blogger pasti berusaha untuk mencukupi hidupnya, baik dengan bekerja ataupun melalui monetizing blognya dengan banyak cara, misalnya dengan menjual komoditi lokal, idea, tulisan atau buku, menjadi publisher dan banyak lagi. Terlepas dari itu penggunaan internet sebagai media berekpresi menjadi hal yang patut dicermati. Pertumbuhan media sosial seperti twitter, koprol, plurk, facebook, google+, linkedin menjadi alat-alat penyebarluasan informasi yang sangat cepat, meski berawal dari pertemanan namun pada akhirnya dengan resonansi seluruh dunia dapat mengaksesnya.

Perkembangan teknologi informasi yang cepat dengan didukung perangkat keras portabel dengan harga terjangkau dan bersaing antar provider maupun merk menjadikan perkembangan sosial media dan komunikasi menjadi sebuah kebutuhan yang tanpa moderasi langsung merambah sisi-sisi personal kebutuhan bersosial antar individu.

Menjadi blogger profesional dengan memahami banyak sisi blogpreneur dapat menjadikan contoh yang berharga di masyarakat, dengan memberikan pemahaman dan cara pemanfaatan teknologi informasi. Karena bagaimanapun teknologi informasi adalah teknologi yang tidak mengubah gaya kerja atapun daya serap tenaga kerja karena dari sisi satu dengan yang lainnya masih harus dengan keterkaitan dan sentuhan tenaga manusia.

Menjadi blogger juga membutuhkan kecakapan dan keahlian secara fisik disamping memiliki kepahaman dalam bermedia online. Dua hal yang saling mendukung dan tak bisa dilepaskan jika mau bekerja sendiri. Apalagi ketika berusaha untuk mengangkat atau mempopulerkan produk ataupun idea dengan cakupan lokalitas tertentu, fungsi komunitas dan pertemanan menjadi hal yang penting untuk menggemakan resonansi tersebut kepada khalayak.

Begitu sarat makna dan manfaat komunitas, namun apa jadinya ketika komunitas tanpa konten. Konten yang bernilai baik internal maupun eksternal kepada dimana bumi dipijaknya, sebuah tempat dimana pemaknaan dan kemanfaatannya dipertanyakan.

Bolehlah di klaim ada puluhan juta pengguna internet, puluhan juta pengguna sosial media, jutaan blogger, dan trilyunan rupiah yang mewujud dari keringat untuk menghilang berubah makna menjadi informasi atau pulsa. Bukan sebuah isapan jempol ketika isu kebebasan berekspresi adalah untuk mendukung industri informasi yang beromzet trilyunan rupiah hingga mungkin tak terhingga. Apa sikap kita, bagaimana kita berusaha membantu menyadarkan saudara-saudara kita akan kesempatan dan peluang yang bisa tercipta dari kerja-kerja berinformasi.

Bagaimana menjadi komunitas yang memiliki mimpi dan tujuan agar dapat mewujud serta nyata berkontribusi dalam mengisi konten kemerdekaan. Bagaimana menjadikan sarana-sarana alternatif yang mulanya berawal dari hobi menulis menjadi sebuah lahan pekerjaan yang memiliki manfaat dan menghasilkan. Bagaimana menjadi penyedia konten di rumah sendiri. Bagaimana mengajak dan menghidupi keberlanjutan ide bersama yang non-profit namun sangat perlu dilakukan. Bagaimana memastikannya?

Profesional dan berjejaring menjadi jawaban dan kebutuhan, bagaimana profesional bekerja, mempertanggungjawabkan pelaksanaan ide, setia, dan loyal pada nilai-nilai positif, memiliki cara bekerja yang logis dan berkesinambungan akan menjadikan ajang berjejaring menjadi hidup, juga kemauan untuk saling memberi dan berbagi menjadi api semangat untuk keberlanjutan ide menjadi berkembang dan berdaya.

Cita-cita ini hanyalah sederhana seperti itu, namun dalam kesederhanaan tersebut memerlukan dukungan dankomitmen banyak pihak meskipun tak mengikat. Namun kebersamaan seiring semangat sumpah pemuda menjadikan sebuah pertanyaan siapa lagi kalau bukan kita, sebagian kecil masyarakat yang ingin berguna, bermanfaat dan memberikan sumbangan ide yang berkelanjutan, berdaya guna dan mampu menghidupi dirinya.

Pentingnya Kopdar 1000 Blogger Nusantara

Siapa yang mau melihat ketika kumpulan-kumpulan pelaku blogging berkomunitas, berjejaring dan berkegiatan dengan kemasan-kemasan serta gebyar yang hanya memiliki arti bagi para pelakunya. Meski dalam lingkaran kebebasan berekspresi. Apa yang menjadi benang merah antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya, di mana komunitas kadang harus menghamba dan berkorban demi mengangkat produk komersial terentu.

Bagaimana mencipta sebuah wadah bersama dari para pelaku blogging, demi persaudaraan blogger dan untuk blogger entrepreneur sendiri. Banyak arti, banyak cara, banyak metode menujunya, dan salah satunya adalah dengan saling mendengar, berkomunikasi, bekerjasama dalam sebuah wadah bersama yang diurusi bersama dengan bentuk semacam paguyuban yang bisa diakses oleh semua dengan mekanisme yang bisa dipertanggungjawabkan bersama, dalam satu nilai kebersihan hati untuk mencapai tujuannya.

Disadari atau tidak, kebangkitan bangsa akan berhasil jika ditopang dengan kesadaran untuk bangkit mengubah nasib. Bangkitnya kekuatan media informasi dari warga khusunya para blogger dan media sosial sudah banyak di inisiasi namun mengapa harus muncul Blogger Nusantara?.

Negeri ini adalah negeri yang besar dengan berbagai kekuatan dan keragaman yang tidak bisa dengan serta merta hanya diwadahi dalam satu payung atau apa. Perkembangan harus berasal dari bawah dengan semangat yang murni keindonesiaan tanpa moderasi ataupun fasilitasi yang menguntungkan dan hanya dinikmati pihak-pihak tertentu.

Adalah cara mudah untuk mengorbitkan yang sudah berhasil, jika tidak bisa dikatakan mendomplen. Menjadi sebuah harapan ketika bisa mengangkat dan membuat kesuksesan demi kesuksesan yang berangkat dari hal kecil, dan sangat membahagiakan bila dapat memfasilitasi dan memberikan dorongan untuk hal tersebut. Untuk hal tersebutlah Blogger Nusantara mencari dukungan dalam kebersamaan agar selalu berada pada posisi ‘mawas diri’ untuk selalu memberikan dorongan dalam bentuk yang beragam.

Koordinator Wilayah Blogger Nusantara

Setiap wilayah harus memiliki semacam tempat untuk dapat berkonsolidasi dan penjernihan permasalahan. Dengan luasnya wilayah dan cakupan yang ada maka sangat diperlukan hadirnya seseorang yang rela dan mampu memberikan waktunya untuk menjadi semacam pusat informasi.

Data perkembangan komunitas maupun blogger agar selalu dapat didokumentasikan, rangkaian kegiatan, bagaimana dan cara mencatatkan diri untuk mengikuti kegiatan, bagaimana bisa berkonsultasi atau memudahkan berjejaring. Untuk hal tersebut maka Blogger Nusantara memiliki koordinator wilayah yang berada di wilayah masing-masing (terlampir)

Bagi komunitas yang berada di wilayah propinsi tersebut, dimohon untuk berkoordinasi kepada korwil tentang informasi maupun teknis pemberangkatan atau pelaksanaan kegiatan.

Kopdar pertama sekaligus pembentukan paguyuban

Kopdar pertama akan dilakukan di Sun City Sidoarjo JawaTimur, pada 28 – 30 Oktober 2011. Dengan rangkaian acara yang diharapkan adalah peningkatan kapasitas dengan mengundang Google, Pen Olson, pihak sponsor maupun pembicara blogpreneur lokal dengan dimalam harinya adalah seri curah pendapat dan suara untuk menuju kesepahaman bersama tentang paguyuban Blogger Nusantara.

Pemilihan blogger berprestasi dan penyerahan digital certificate dari Indosat juga kepada komunitas yang memiliki program terbaik. Rangkaian acara, form konfirmasi kehadiran dan tehnis pemberangkatan dan akomodasi akan di lampirkan.

Setting Acara

Nusantara selain daerah katulistiwa yang sangat kaya sumber daya alam. Warganya juga harus akrab dan selalu siaga hidup berdampingan dengan gejolak alam. Sinkronisasi kehidupan yang ramah dan sadar bencana menjadi hal yang sangat penting untuk selalu ditanamkan di setiap generasi. Minimnya dokumentasi cara mengatasi, kebijaksanaan budaya dalam bersaudara dengan bencana, menjadi pekerjaan rumah khalayak yang memahami media, tak terkecuali peran blogger. Dengan bekal dan pengetahuannya memanfaatkan teknologi informasi, peran blogger akan sangat dibutuhkan.

Camp Blogger Nusantara

Ajang belajar bersama sekaligus secara langsung dalam sebuah perhelatan yang istimewa dalam kopdar 1000 Blogger Nusantara. Sejalan dan mendukung setting acara dalam camp blogger Nusantara yang menginap di sebuah ruangan indoor dalam GOR Sidoarjo yang berjarak 5 menit berjalan kaki dari Sun City Convention hall. Merasakan berada dalam kondisi darurat untuk mengamati, menemukan, berkreasi, bebas berekspresi dan menumbuhkan rasa persaudaraan secara alamiah, dalam koridor keragaman untuk bertukar pikiran.

Di malam hari tanpa di pandu secara formal, namun dalam suasana santai apa adanya akan di gelar mimbar bebas berekspresi untuk menyuarakan apapun dan akan didengar oleh siapapun serta terbuka kemungkinan untuk saling berdiskusi secara sehat. Harapan dalam sesi ini akan terbentuk atau muncul metode-metode maupun mekanisme bersama yang akan mengawal Blogger Nusantara menjadi sebuah wadah yang sesungguhnya dari blogger, oleh blogger, untuk kebebasan berkspresi dan nusantara tercinta dalam ragam sinergi kepentingan dan paradigma.

Penutup

Demikian undangan dan ajakan berkolaborasi bersama dalam wadah Blogger Nusantara disusun dan direncanakan dengan kesungguhan hati, semoga Allah yang maha kuasa, meridhai-Nya, Amin.

Avignam Jagad Samagram, semoga selamatlah alam semesta beserta seluruh isinya.

by Suryaden
Ketua SC Blogger Nusantara


0 comments: