CatatankuCC

Wednesday, June 22, 2011

CatatankuCC


CPA : Cost Per Action dari berniaga.com yang Unik & Gratis

Posted: 21 Jun 2011 11:23 AM PDT

CPA : Cost Per Action dari berniaga.com yang Unik & Gratis

CPA (Cost Per Action) adalah suatu model iklan internet yang mana advertiser membayar setiap tindakan (action) tertentu yang telah ditetapkan, seperti pembelian (barang, jasa, service, software, poin), pendaftaran (sign up nama, nomer handphone, email), download (program aplikasi, smiley, screensever, wallpaper, ebook) dan semua yang terkait dengan iklan yang bersangkutan.

CPA : Cost Per Action dari berniaga.com yang Unik & Gratis

Di dunia internet marketing, CPA ini ada yang menyebut PPA (Pay Per Action), CPL (Cost per Lead), PPL (Pay per Lead) dan masih banyak lagi sebutan untuk ini, tapi aku sendiri lebih suka menyebut program ini sebagai affiliate marketing. Yaitu sistem afiliansi atau sistem referral. Jadi di sini kita mereferensikan suatu produk ke semua orang atau dengan kata sehari-hari kita bertindak sebagai "makelar". Lalu apa yang kita dapat dari ini semua. Yaitu kita akan mendapat komisi jika barang tersebut laku terjual. Itulah gambaran yang termudah tentang sistem CPA ini.

Dari ulasanku di atas, boleh dibilang sistem CPA ini gampang-gampang susah. Bisa dibilang gampang tapi bisa dibilang susah. Sebagai "makelar" di dunia nyata, kita harus pandai bersilat lidah . Pandai berbicara untuk memasarkan suatu produk, bahkan kadang harus pandai merayu. Si "makelar" tidak cukup hanya menyebar brosur, lalu duduk-duduk sambil menunggu suatu produk yg dia jual itu laku.

Setelah anda tahu gambaran umum tentang CPA dan kutambahin dengan istilah "makelar" yang sehari-hari kita jumpai, maka sekarang kita fokuskan pembahasan ini ke dunia internet marketing atau sistem affiliate marketing yang menghasilkan uang.

CPA : Cost Per Action

Di atas sudah kusebutkan kalau CPA ini gampang-gampang susah. Si pemasang CPA, tidak hanya berpangku tangan dengan pemasangan banner iklan CPA. Dibutuhkan "penerangan" bahkan "rayuan". Tidak seperti iklan CPC yang kita mendapatkan komisi jika iklan tersebut ada yang nge-click. Di CPA ini, kita tidak mendapat komisi jika visitor yang nge-click tersebut tidak melakukan action atau tidakan sesuai ketentuan dari advertiser.

Action atau tidakan yang ditentukan oleh advertiser ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa pembelian (barang, jasa, service, software, poin), pendaftaran (sign up nama, nomer handphone, email), download (program aplikasi, smiley, screensever, wallpaper, ebook).

CPA pendaftaran, yaitu kita mereferensikan suatu form pendaftaran online melalui internet. Form pendaftaran ini bisa berupa daftar menjadi member tertentu baik itu berupa dengan cara sign up, memasukkan nomer handphone, email, sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh pihak advertiser. Komisi akan kita dapat, jika ada visitor yang melakukan action atau tidakan tersebut.

CPA download, yaitu kita merefensikan suatu program aplikasi, smiley, screensever, wallpaper, ebook supaya di-download sesorang. Jika ada visitor yang melakukan download lewat referensi kita, maka kita akan mendapat komisi.

CPA penjualan barang/ jasa, yaitu kita mereferensikan suatu barang/ jasa melalui internet. Jika barang tersebut laku atau terjual, maka kita akan mendapat komisi sesuai yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan jika ada visitor yang melakukan click berulang-ulang tapi tidak melakukan pembelian, maka kita juga tidak mendapatkan komisi sama sekali.

Dari model-model CPA di atas, kalau kita urut satu persatu, maka pendaftaran adalah yang paling muda dan paling utama. CPA download adakalanya memerlukan pendaftaran member lebih dahulu. CPA penjualan barang/ jasa juga demikian, bahkan di CPA download bisa menjadi CPA penjualan juga. Dan model-model CPA tersebut kembali tergantung pada pihak advertiser untuk menerapkan yang mana yang sesuai dengan produk yang mereka iklankan.

CPA berniaga.com

Kemarin di IdBlogNetwork, muncul sistem iklan CPA atau PPA ini. CPA atau PPA yang ada di IdBlogNetwork ini bekerja sama dengan situs jual beli Indonesia, berniaga.com. Ada yang menarik di sistem CPA ini, yaitu kita mereferensikan visitor untuk ber-iklan di berniaga.com.

Berikut ini sekilat informasi tentang berniaga.com

berniaga.com mempertemukan pembeli dan penjual agar bisa berhubungan dengan mudah.

Misi dari berniaga.com adalah sebuat tempat bagi pembeli yang ingin mencari penjual, pemilik barang yang mencari orang yang perlu barang. berniaga membantu setiap orang untuk mudah melakukan kegiatan niaga, tanpa berbelit-belit, tanpa persoalan yang tak perlu, tepat kategori, tepat lokasi. Singkatnya, misi berniaga.com adalah membantu anda agar persoalan anda lebih mudah.

Berniaga.com adalah sebuah produk dari PT 701Search, perusahaan patungan antara Singapore Press Holdings Limited dan Schibsted ASA.

Singapore Press Holdings Limited (SPH) adalah perusahaan media Asia Tenggara terbesar dengan portfolio 17 surat kabar dalam 4 bahasa; lebih dari 100 majalah dan banyak lagi situs internet. SPH juga bergerak di bidang penyiaran, iklan luar, dan property.

Schibsted ASA melalui anak perusahaannya Schibsted Classified Media (SCM) adalah perusahaan iklan baris terbesar di Eropa. Mereka memiliki operasi di pasar maju seperti Belgia, Perancis, Spanyol, dan Swedia, ditambah dengan di pasar berkembang seperti Asia, Eropa Timur, dan Amerika Selatan.

Di Eropa, SCM mengoperasikan situs iklan baris terdepan seperti di Argentina (Segundamano.com.ar), Austria (Willhaben.at), Belarusia (Kufar.by), Belgia (Kapaza.be), Brazil (Balcao.com), Cili (Yapo.pl), Estonian (Soov.ee), Finlandia (Tori.fi), Hungaria (Jofogas.hu), India (Sahipasand.com), Italia (Subito.it), Meksiko (Segundamano.com.mx), Perancis (Leboncoin.fr), Peru (Vende.pe) , Portugal (CustoJusto.pt), Spanyol (Segundamano.es), Swedia (Blocket.se), Swiss (Tutti.ch) dan Yunani (AggelioPolis.gr). Operasional di Asia dipimpin oleh 701Search Pte Ltd (701Search), perusahaan berbasis di Singapura kerjasama dari SPH dan Schibsted. Situs Asia kami meliputi Australia (Dinkos.com.au), Filipina (AyosDito.ph), Indonesia (Berniaga.com) dan Malaysia (Mudah.my).

SCM dan 701Search bertujuan untuk menggunakan pengetahuan bersama dan pengalaman yang didapat untuk membangun portfolio dan mendirikan situs iklan baris dengan ekspansi pasar yang lebih menyeluruh.

Sistem CPA yang diterapkan oleh berniaga.com adalah menarik visitor untuk ber-iklan secara gratis. Iklan akan tampil setelah disetujui oleh pihak berniaga.com yang dalam hal ini membutuhkan waktu 3 jam untuk approved. unik kan…….

Di CPA berniaga ini, kita tidak memasarkan produk atau menjual barang yang ada di website berniaga. Tapi kita merekomendasikan visitor untuk berjualan atau memasang iklannya di berniaga.com secara gratis. Untuk lebih jelasnya tentang pemasangan iklan gratis di berniaga ini, silahkan berkunjung saja DI SINI.


0 comments: