CatatankuCC

Tuesday, November 9, 2010
Posted by Unknown

CatatankuCC


Facebook Tidak Bangun Data Center di Indonesia ?

Posted: 08 Nov 2010 05:51 PM PST

Facebook Tidak Bangun Data Center di Indonesia ?

Facebook Tidak Bangun Data Center di Indonesia ?Facebook, dengan jumlah lebih dari 400 juta Facebookers aktif di dunia, 25 persen di antaranya mengakses melalui telepon seluler. Angka ini dua kali lebih aktif dari akses melalui komputer personal/laptop. Di sisi lain, lebih dari 100 operator telekomunikasi di 60 negara di dunia, telah mempromosikan mobile Facebook untuk layanan mereka.

Berdasarkan riset, Indonesia adalah negara urutan ke-3 ditinjau dari keaktifan Facebooker-nya. Saat ini, lebih dari 47 persen pengguna internet di dalam negeri mengakses situs tersebut. Jumlah Facebooker aktif di Indonesia mencapai 18,9 juta, dengan trafik menempati posisi ke-8 dunia.

Melihat potensi pasar yang demikian dahsyat, secara ekonomi, sudah seharusnya situs jejaring sosial terbesar ini mendekati pelanggan agar respon lebih cepat dirasakan. Pendekatan ini juga berarti berbagi rejeki dengan daerah-daerah lokal di mana pelanggan berada.

Pertanyaannya kemudian, dengan jumlah pelanggan sebanyak ini, mengapa Facebook tidak meletakkan data center atau kolokasi (collocation) di Indonesia? Ada apa gerangan? Ini tentu amat merugikan bagi Indonesia; yakni, hilangnya kue bisnis, dan kedua, kebutuhan bandwidth koneksi internet internasional terus meningkat.

Coba mari kita hitung bersama. Saat ini, dengan jumlah “ummat” begitu besar, Facebook dikabarkan mempunyai 60 ribu web server, dengan pengeluaran mendekati Rp 500 miliar di tahun 2010 guna biaya sewa.  Jika kita anggap setiap user aktif mempunyai space yang sama, berarti tiap user mendapat alokasi biaya sewa data center sebesar Rp 1.250 per tahun. Jika demikian, jatah sewa data center untuk Facebooker Indonesia adalah sebesar Rp 23,6 miliar per tahun!

Itu baru satu situs. Belum dengan Twitter, Friendster, BlackBerry, Yahoo, Google, dll. Rumor menyebutkan Facebook meletakkan data center-nya di Singapura.  Tentu, di samping situs buatan Mark Zuckerberg ini, top internet site lainnya melakukan duplikasi data di negeri jiran ini. Otomatis, ini mendorong ketertarikan semua industri global untuk collocation di sana. Maka, betapa untungnya Singapura dan betapa ruginya Indonesia.

Ada empat dugaan mengapa Singapura lebih dipilih ketimbang Indonesia untuk hunian data center. Pertama, national security-safety. Harus diakui, tingkat keamanan dan iklim investasi di negeri ini belum setinggi negara tetangga kita.

Kedua, kualitas data center di Indonesia masih tertinggal, baik dari sisi konfigurasi bangunan maupun manajemen operasi. Inilah yang sebenarnya menjadi faktor kunci.

Data Sharing Vision menunjukkan kebutuhan data center oleh industri global rata-rata tier-3. Maksudnya data center dengan segala infrastruktur pendukungnya mempunyai redundansi sebanyak (N+1), sehingga jika data center membutuhkan 2 cooling system dalam operasinya, maka data center tersebut akan mempunyai 3 cooling system. Disamping itu, tier-3 mempunyai multiple path untuk distribusi power dan cooling meski hanya satu saluran yang aktif. Ini membuat proses perawatan dapat dilakukan tanpa mengganggu operasional. Dengan ketentuan di atas, tier-3 mempunyai availability sebesar 99,96 persen atau hanya 1,6 jam waktu down yang diperbolehkan selama satu tahun.

Guna melihat seperti apa data center kelas dunia, sangat penting bagi kita untuk belajar dan melakukan studi banding langsung ke data center paling top di dunia. Itulah yang melandasi Sharing Vision melakukan workshop Visiting World Class Data Center di Singapura pada 2-3 Desember mendatang.

Ketiga, belum jelasnya konsep pemasaran negara dan strategi pemasaran industri teknologi informasi nasional. Menurut data www.datacentermap.com, tercatat ada 9 data center di Indonesia yang dikomersialkan. Konon, dari 9 data center tersebut ada yang telah mendekati tier-3, namun cara pemasarannya ke industri global belum terdengar jelas.

Ini patut disayangkan, perhitungan Sharing Vision menunjukkan pasar layanan data center di Indonesia pada tahun 2011 mencapai sekitar Rp 1,5 triliun. Sebab, kian banyak perusahaan di Indonesia yang sadar pentingnya data center dan data recovery center dengan infrastruktur memadai.

Keempat, ketidakpastian regulasi. Ini bisa kita lihat dari perbandingan implementasi WiMax di Indonesia dengan keberanian pemblokiran layanan BlackBerry di Arab Saudi, misalnya. Empat faktor inilah yang membuat Facebook dkk masih memilih Singapura sebagai tempat kolokasi, meski pengguna di Indonesia jauh lebih besar.

Ironis, memang. Dengan demikian, jelas adanya pesan tulisan ini, “Mari tingkatkan pengelolaan dan kualitas data center nasional seraya meningkatkan pasar data center nasional, agar tercipta keseimbangan aliran bandwidth dalam dan luar negeri yang akan menyejahterakan Indonesia!”

Penulis, Dimitri Mahayana, adalah pendiri sekaligus chief lembaga riset telekomunikasi dan informasi berbasis di Bandung, Sharing Vision, dan Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB.

[kompas.com]


Nokia Ambil Alih Pengembangan Symbian

Posted: 08 Nov 2010 05:36 PM PST

Nokia Ambil Alih Pengembangan Symbian

Nokia Ambil Alih Pengembangan SymbianNokia akhirnya memutuskan untuk mengambil kendali penuh atas pengembangan platform Symbian. Demikian pernyataan yang dirilis perusahaan asal Finlandia itu, Senin (8/11/2010) untuk menekankan komitmen Nokia terhadap masa depan basis sistem operasi smartphone tersebut.

Nokia mengurus pengembangan platform Symbian mulai April 2011 dan seterusnya. Sementara Symbian Foundation yang merupakan organisasi independen lintas industri di masa depan akan mengurus perizinan lisensi penggunaan platform tersebut.

Tadinya, Symbian diarahkan menjadi platform terbuka dan diberikan kepada komunitas open source untuk mengembangkannya. Namun, sayangnya dalam perkembangan terakhir, tidak banyak vendor yang tertarik menggunakan Symbian lagi.

“Ini tak terlalu mengejutkan. Saat pengguna lainnya meninggalkan Symbian, Nokia tak punya pilihan lain kecuali untuk mengambil kendali penuh,” kata Ben Wood, kepala penelitian di CCS Insight.

Tahun ini Samsung Electronics dan Sony Ericsson telah meninggalkan penggunaan perangkat lunak Symbian. Samsung malah mengembangkan platform sendiri berbasis open source bernama Bada. Sementara Sony Ericsson lebih fokus pada smartphone berbasis Android buatan Google meski tetap tak meninggalkan skema multiplatform.

Meski demikian, Symbian masih terus memimpin pasar ponsel dunia. Menurut perusahaan riset Canalys, Symbian masih menguasai 37 persen pangsa pasar pada kuartal ketiga meski turun jauh dibandingkan tahun sebelumnya. Rival terdekatnya, Android, memiliki 17 persen pasar, disusul Apple.

[kompas.com]


Fitur Baru di Yahoo Mail

Posted: 08 Nov 2010 05:24 PM PST

Fitur Baru di Yahoo Mail

Fitur Baru di Yahoo Mail

Pada dasarnya, fitur yang dihadirkan oleh Yahoo Mail yang baru ini lebih mengedepankan bagaimana penggunanya mengelola jejaring sosial dengan hanya satu pintu. Ini sesuai dengan visi yang dikedepankan Yahoo, menjadi pusat aktifitas online dengan satu tempat.

“Kami percaya bahwa Yahoo Mail yang baru ini hadir dengan user interface yang jauh lebih ramah, serta kecepatan yang dua kali lebih kencang dari sebelumnya,” terang Michael Smith Jr., Developer Network Yahoo, di Menara Prima, Jakarta, Senin (8/11/2010).

Fitur baru yang ada di Yahoo Mail beta :

Terhubung dengan jejaring sosial

Pengguna bisa melakukan update jejaring sosial yang dimilikinya, seperti Facebook dan Twitter. Tidak hanya update status, pengguna pun bisa mendapatkan status dan semua berita dari anggota lainnya, serta melakukan komentar balik.

Mengatur aplikasi tambahan

Sebut saja aplikasi seperti Evite, PayPal, PhotoBucket dan lain sebagainya dapat pengguna taruh di pojok kanan bawah, untuk pada akhirnya dijalankan tanpa harus membuka situs layanan yang diinginkan tersebut.

Mesin pencarian yang cepat

Layanan email milik Yahoo ini diklaim mampu menyimpan foto, video dan dokumen lainnya hingga dengan ukuran yang tidak terbatas. Namun mencari dokumen tersebut diantara ribuan file lainnya pun dipermudah dengan kotak mesin pencari, di pojok kanan atas. Bahkan ada dapat mencari informasi tambahan di Yahoo Search.

User interface yang rapi

Hadir dengan tiga boks utama, what is new, Inbox, dan Contact memudah pengguna untuk mencari informasi yang diinginkan. Selain itu tambahan kontak akan ditambahkan, jika pengguna ingin memasukan aplikasi lainnya.

[okezone.com]


The New Release of UC Browser 7.4

Posted: 08 Nov 2010 05:15 AM PST

The New Release of UC Browser 7.4

Another Revolution of Mobile Browser

UC Mobile, the leading mobile internet service provider has just released the new release of its mobile browser—The UC Browser 7.4 English Official Version. After 3 month's hard work, the new version becomes a much easier but still powerful mobile browser for you to enjoy mobile browsing. This one will be its real hit for the market where Opera mini, Bolt, Skyfire used to be. Try it, you'll love it from the beginning.

Ahead of checking new features in detail, this new version still have a lot of unique features such as superb data compression technology to save 85% of your traffic charge, powerful download, built-in file manager, save and share, night mode. And all these features are performing better on 7.4 version.

The new updates are centering on the belief of "more localization, more globalization". The amazing new and improve some existing significant features for this update are:

1. Better Page Display with full support of WAP2.0 standard

The New Release of UC Browser 7.4

2. Enhanced Performance Up to 30% Increase

The New Release of UC Browser 7.4

3. Cursor Mode as Default

The New Release of UC Browser 7.4

4. My Shortcut – visit your favor sites by one click

The New Release of UC Browser 7.4

5. New Start Page Design for better display and more sites

The New Release of UC Browser 7.4

6. Free Copy is Back for Symbian phones

The New Release of UC Browser 7.4

7. Improved Feedback to make your voice heard by UC Team

The New Release of UC Browser 7.4

8. Country Select Page at first time start

The New Release of UC Browser 7.4

9. Localized Start Page for different countries for Java platform

The New Release of UC Browser 7.4

UC Browser 7.4 Java Signed English Version.jar

UC Browser 7.4 Java Unsigned English Version.jar

UC Browser 7.4 Symbian V1 English Version.sis

UC Browser 7.4 Symbian V2 English Version.sis

UC Browser 7.4 Symbian V3 English Version.sisx

UC Browser 7.4 Symbian V5 English Version.sisx

You can find this latest update version from its website or wapsite



Search Engine Visit :

uc browser 7 4


0 comments: