CatatankuCC

Monday, February 18, 2013
Posted by Unknown

CatatankuCC


Cara Melihat dan Mengetahui BlackBerry Asli atau Palsu

Posted: 17 Feb 2013 08:01 PM PST

Cara Melihat dan Mengetahui BlackBerry Asli atau Palsu

BlackBerry saat ini merupakan salah satu smartphone yang populer dan banyak dimiliki oleh kalangan masyarakat. BlackBerry mempunyai fitur-fitur menarik didalamnya yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya yaitu PIN. PIN ini bersifat unik dan tidak sama dengan PIN BlackBerry lainnya.

Tapi saat ini banyak beredar BlackBerry bajakan dari hasil cloning PIN BlackBerry lainnya. Dan jika kita membeli BlackBerry baru terutama yang black market, maka banyak hal-hal yang diketahui untuk memastikan BlackBerry tersebut asli atau palsu.

Cara Melihat dan Mengetahui BlackBerry Asli atau Palsu

Cara Melihat dan Mengetahui BlackBerry Asli atau Palsu

Cara Melihat dan Mengetahui BlackBerry Asli atau Palsu

Beberapa tips dan cara untuk melihat dan mengetahui Blackberry yang kita beli adalah Blackberry asli atau salah satu Blackberry bajakan adalah sebagai berikut :

Cek IMEI dan PIN

Cek IMEI dan PIN Blackberry dengan cara akses menu Homescreen, pilih Options kemudian pilih Status lalu tekan bersamaan Tombol Shift + ALT + H maka akan tampil nomor IMEI dan PIN. Pastikan nomor IMEI dan PIN sama dengan yang ada ditempat baterai dan dus.

Cek Data Lifetime

Cek data lifetime dengan cara buka menu -> Option -> Status, kemudian ketik BUYR. Bila BlackBerry baru maka yang terlihat hanya angka nol, tetapi bila muncul pesan Exceeding 120K dan Voice Usage Exceeding 60 Minutes, anda haruslah berpikir dua kali, karena perangkat BlackBerry ini sudah pernah digunakan.

Cek Dus Blackberry

Perhatikan dus beserta kelengkapannya, dan pastikan juga nomor IMEI yang tertera di dus sama dengan diperangkat. Perhatikan stiker IMEI, pastikan tertempel rapi dan tidak ada hal-hal yang mencurigakan seperti luntur, atau stiker IMEI ditumpuk (menutupi stiker lainnya).

Cara Belanja di Toko Online Secara Aman

Posted: 17 Feb 2013 07:33 PM PST

Cara Belanja di Toko Online Secara Aman

Saat ini toko online sudah menjamur dan menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Toko-toko online tersebut bisa berrupa toko online besar, toko online kecil, maupun toko online perorangan.

Belanja di toko online menawarkan pengalaman belanja yang mudah tanpa perlu repot datang ke tempat penjual. Kita dapat mudah mencari suatu barang yang kita butuhkan hanya dengan mencarinya di internet.

Cara Belanja di Toko Online Secara Aman

Cara Belanja di Toko Online Secara Aman

Cara Belanja di Toko Online Secara Aman

Tapi saat ini juga tersebar berita kejahatan yang terjadi dengan memanfaat trend belanja di toko online ini.  Kita harus lebih berhati-hati jika belanja di suatu toko online supaya tidak tertipu.

Berikut tips cara berbelanja di toko online secara aman :

  1. Perangkat komputer anda gunakan harus terinstall anti virus dan harus selalu diupdate. Pasang juga anti phising dan perhatikan alamat situs toko online tersebut
  2. Pastikan bertransaksi di toko online yang bisa dipercaya. Sebelum melakukan transaksi pastikan dulu reputasi toko online tersebut. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui search engine, forum atau testimoni pembeli lainnya.
  3. Pastikan toko online tidak memanfaatkan data pribadi anda.
  4. Pastikan toko online memiliki kebijakan jika barang yang anda beli tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera di situsnya atau produk yang bersangkutan habis stock-nya akan ada jaminan uang kembali.
  5. Perhatikan kondisi barang yang dijual apakah baru atau bekas dan apakah bergaransi resmi. Jika barangnya bekas tanyakan ke penjual kondisi yang sedetil-detilnya dan minta gambar barang tersebut, dan anda pastikan tidak ada cacat. Baca baik-baik deskripsi produknya.
  6. Sebelum membeli barang di salah satu toko online ada baiknya melakukan perbandingan harga yang ada di pasaran. Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah dan beda jauh dengan harga pasaran.
  7. Jangan percaya iming-iming barang elektronik yang biasanya dari Batam tetap berharga murah jika keluar Batam. Karena itu ada kemungkinan penipuan.
  8. Pilih cara pembayaran yang aman, jika masih satu kota dengan penjual / toko tanyakan apakah bisa menggunakan COD (cash on delivery), atau anda bisa menggunakan jasa rekber jika anda berbelanja melalui Kaskus. Jika mau transfer langsung ke rekening toko atau penjual online, pastikan mereka memiliki reputasi baik, lihat testimonialnya.
  9. Jjika ingin menggunakan kartu kredit anda bisa menggunakan jasa iPay88 seperti yang digunakan di store kami atau PayPal. Dan pastikan anda tidak diarahkan ke situs yang mencurigakan pada saat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.
  10. Biasanya toko online yang serius, mencantumkan nomer rekening dan nama pemilik rekening bank yang bisa kita trasfer di situsnya. Rekening tidak diberitahukan melalui SMS saja.
  11. Jika kita memilih membeli barang dan barangnya dikirim menggunakan jasa pengiriman,  maka minta ke toko online atau penjual tersebut no resi pengiriman.
  12. Simpan bukti pembayaran yang anda lakukan.

Selamat Berbelanja di Toko Online Secara Aman

0 comments: