CatatankuCC

Wednesday, June 27, 2012

CatatankuCC


Microsoft Surface Tablet : Terobosan Spesifikasi & Harga

Posted: 26 Jun 2012 03:56 PM PDT

Microsoft Surface Tablet : Terobosan Spesifikasi & Harga

Tablet PC saat ini masih dikuasai oleh Android. Walaupun sistem operasi lain seperti yang dimiliki oleh Blackberry dan iPad banyak beredar di pasaran, tapi munculnya Tablet Android seolah tidak bisa terbendung lagi. Mulai dari vendor ternama sampai vendor yang masih awam ditelinga kita, seolah-olah berlomba mengeluarkan Tablet PC for Android.

Microsoft Surface Tablet : Spesifikasi

Microsoft, yang baru-baru ini mengeluarkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 8, seolah ingin ikut bersaing dalam percaturan Tablet PC ini. Dengan munculnya Sistem Operasi Windows 8 yang mempunyai tampilan destop mobile, sepertinya tablet pc maupun handphone sudah mereka persiapkan untuk menerjang pasaran perangkat Android.

Microsoft Surface Tablet : Terobosan Spesifikasi & Harga

Beberapa vendor ternama sudah mencicipi windows 8 ini dengan menanamkannya sistem operasi Microsoft terbaru ini diperangkat mereka. Kini saatnya Microsoft sendiri yang meluncurkan tablet pc yang mereka beri nama Microsoft Surface.

Microsoft Surface Tablet : Windows RT & Windows 8 Pro

Dalam peluncuran tablet Microsoft Surface ini pihak Microsoft tidak tanggung-tanggung  dengan mengeluarkan dua versi tablet-nya. Microsoft Surface Tablet Windows RT dan Microsoft Surface Tablet Windows 8 Pro.

Dengan muinculnya dua versi Microsoft Surface Tablet ini terlihat bahwa Microsoft ingin menancapkan kukunya di dua pasar yang berbeda. Microsoft Surface Tablet Windows RT yang merupakan tablet ARM sangat kelihatan ingin menerobos pasaran tablet Android. Spesifikasi dan fitur Tablet Microsoft Surface Windows RT ini diperkuat dengan Prosesor ARM NVIDIA Tegra yang memiliki kemampuan setara dengan tablet Android, serta didukung dengan pilihan kapasitas 32GB dan 64GB untuk penyimpanan data.

Microsoft Surface Tablet : Terobosan Spesifikasi & Harga

Sedangkan Microsoft Surface Tablet Windows 8 Pro yang mempunyai spesifikasi dan kinerja seperti laptop, kelihatan akan menancapkan kukunya di pasar notebook mobile. Tablet Surface Windows 8 Pro memiliki spesifikasi yang mirip laptop dengan prosesor core i5 Ivy Bridge, port USB 3.0, dan media storage SSD antara 64GB dan 128GB. Hal ini menunjukkan bahwa Microsoft merasa tidak puas dengan munculnya ultrabook yang merupakan perpaduan kinerja dan fitur notebook dengan body netbook.

Microsoft Surface Tablet : Spesifikasi

Beberapa fitur unggulan tablet Microsoft Surface pun mulai dikedepankan. Mulai dari penyangga (kickstand), keragaman kapasitas simpan, pilihan prosesor, hingga aksesori yang lebih lengkap, seperti USB 3.0 dan pena digital ink.

Satu hal unik lagi adalah pilihan cover yang bernama Touch and Type. Nama itu bukan sekadar nama karena cover Surface Tablet bisa digunakan sebagai keyboard dan touchpad.

Memang beberapa spesifikasi di Microsoft Surface belum lengkap, terutama ukuran resolusi kamera, resolusi layar, koneksi Bluetooth dan 4G, akselerometer, light sensor, gyroscope, kompas digital, ataupun GPS. Begitu juga dengan harganya.

Microsoft Surface Tablet : Terobosan Spesifikasi & Harga

Spesifikasi Tablet Microsoft Surface Windows RT

  • CPU :  NVIDIA Tegra-based ARM chip
  • OS: Windows RT
  • Weight: 676 g
  • Thickness: 9.3 mm
  • Display: 10.6" ClearType HD Display
  • Battery: 31.5 W-h
  • Ports: microSD, USB 2.0, Micro HD Video, 2×2 MIMO antennae
  • Features: Office Home & Student 2013 RT, Touch Cover, Type Cover, VaporMg Case & Stand
  • Possible configurations: 32 GB, 64 GB

Spesifikasi Tablet Microsoft Surface Windows 8 Pro

  • CPU : Intel Core i5 (Ivy Bridge)
  • OS: Windows 8 Pro
  • Weight: 903 g
  • Thickness: 13.5 mm
  • Display: 10.6" ClearType Full HD Display
  • Battery: 42 W-h
  • Ports: microSDXC, USB 3.0, Mini DisplayPort Video, 2×2 MIMO antennae
  • Features: Touch Cover, Type Cover, Pen with Palm Block, VaporMg Case & Stand
  • Possible configurations: 64 GB, 128 GB

Microsoft Surface Tablet : Harga

Harga Microsoft Surface, secara resmi saat ini belum keluar. Tapi perkiraan harga dari Microsoft Surface versi Windows RT adalah sekitar $400 dan Micosoft Surface versi Windows 8 Pro adalah $600-$700.

Dari spesifikasi yang tertanam pada ke dua Microsoft Surface di atas dan dibandingkan dengan harga yang mereka patok, dapatkah tablet keluaran Microsoft ini menerobos pasaran Tablet-tablet Android yang lebih dulu menancapkan pasarannya di seluruh dunia? Kita tunggu saja keluarnya Tablet Microsoft Surface


0 comments: