CatatankuCC

Friday, July 8, 2011

CatatankuCC


Lampu LED: Desain Interior Modern yang Hemat Energi

Posted: 07 Jul 2011 05:25 AM PDT

Lampu LED: Desain Interior Modern yang Hemat Energi.

Lampu atau penerangan sudah menjadi kebutuhan pokok semua orang. Tanpa adanya lampu dan penerangan, kita sama seperti halnya hidup dalam dunia kegelapan. Saat ini, lampu tidak hanya sekedar alat penerangan saja. Lampu juga berfungsi sebagai desain interior modern untuk menciptakan nuansa indah yang lebih dinamis.

Selain pemborosan energi, sebagain besar lampu yang kita gunakan saat ini sedikit banyak memberikan andil terjadinya pemanasan global. Solusi penggunaan lampu LED untuk lampu hemat energi, beberapa bulan lalu telah dicanangkan oleh PT. PLN untuk penghematan energi.

Lampu LED: Desain Interior Modern yang Hemat Energi

LED (Light Emitting Diode) dapat menghasilkan cahayayang berasal dari pancaran dioda-dioda kecil yang menyala dengan bantuan energi listrik. Untuk memberikan terang yang lebih kuat, sejumlah LED disatukan dalam sebuah bohlam yang beragam bentuk, fungsi dan ukuran, seperti LED Tube, LED Bulb Light, LED Panel Light, LED Neon Flex, LED SpotLight, LED High Bay Light, LED Strip, LED Ceiling Light, LED Par Light.

Keunggulan Lampu LED

Lampu LED: Desain Interior Modern yang Hemat Energi

Keunggulan lampu LED (LED Bulp) dibanding dengan lampu lainnya adalah :

Lampu LED daya tahan lebih lama

Lampu LED bertahan hingga 50.000 jam atau 30 kali lebih lama dari lampu pijar atau 10 kali lebih lama daripada lampu hemat energi (LHE).

Lampu LED mempunyai efesiensi tinggi

Lampu LED dapat menghemat hingga 80% pada penggunaan daya listrik dibandingkan dengan halogen dan lampu pijar. Sebuah lampu LED dengan daya sebesar 3,5W akan mampu menghasilkan cahaya sebesar 50W lampu halogen. Jadi penggunaan lampu LED ini secara signifikan akan mengurangi tagihan listrik.

Lampu LED lebih ramah lingkungan

Lampu LED sangat ramah terhadap lingkungan dan aman bagi manusia karena tidak mengandung mercury serta tidak menghasilkan radiasi IR dan UV, yang sangat berbahaya bagi mata manusia.

Lampu LED tidak panas

Panas yang dihasilkan lampu LED jauh lebih rendah daripada panas yang dihasilkan lampu lain, sehingga dapat mengurangi temperatur dalam rumah. Dan jika ruangan tersebut menggunakan AC, maka penggunaan lampu LED ini  dapat mengurangi beban dari AC untuk mendinginkan suhu dalam rumah sehingga akan mengurangi tagihan listrik kita.

Lampu LED mempunyai warna yang indah

Sinar yang jernih dan Colour Rendering Index (CRI) dari lampu LED yang tinggi menghasilkan warna yang alami seperti aslinya.

Lampu LED mempunyai ukuran kecil

Lampu LED mempunyai ukuran yang kecsehingga akan lebih fleksibilitas desain, mudah diatur dalam baris, cincin, kelompok atau individu poin.

Lampu LED dapat difungsikan sebagai dimmer

Tidak seperti lampu neon, Lampu LED dapat diredupkan dengan menggunakan pulse width modulation (PWM) dengan cara memutar lampu on dan off sangat cepat dalam berbagai interval.

Lampu LED memang banyak keunggulan dan keuntungannya. Pemakaian lampu LED, selain dapat menghemat energi, menghemat biaya, kita juga ikut berpartisipasi mengurangi pemanasan global.

Lampu LED sebagai Desain Interior Modern

Akhir-akhir ini, Lampu LED tidak hanya dipergunakan untuk  sumber pencahayaan utama rumah atau solusi untuk hemat energi saja. Lampu LED juga berfungsi untuk mengubah suasana rumah kita dengan sentuhan pencahayaan dan kualitas cahaya yang superior sehingga menimbulkan kenyamaanan bagi kita.

Anda pasti ingin menciptakan situasi yang tepat serta nyaman untuk rumah anda. Sorotan lampu LED pada lukisan favorite anda, pancaran lampu hias yang dapat membuat mood pada ruangan, efek pencahayaan yang indah di kolam ikan, bisa anda dapatkan dengan mudah dengan penggunaan lampu LED ini.

Pencahayaan merupakan elemen yang tak kurang pentingnya beserta dekorasi, warna cat, lebih-lebih aksesori, yang sesuai gaya yang diinginkan. Sesudah seluruh faktor terpenuhi, sudah saatnya Anda memberikan pencahayaan yang tepat serta benar-benar nyaman untuk keluarga.

Lampu LED: Desain Interior Modern yang Hemat Energi

Teknologi pencahayaan LED menawarkan manfaat dan kemungkinan dalam desain dinamis yang tidak dapat dicapai dengan pencahayaan konvensional. Lampu LED merupakan solusi pencahayaan yang ideal untuk menciptakan suasana lingkungan dan meningkatkan dampak visual dari sebuah ruangan.

Indahkan…. itulah lampu LED jika difungsikan sebagai desain interior modern yang hemat energi.


0 comments: