CatatankuCC

Saturday, September 18, 2010

CatatankuCC


Lepas dari Google Sandbox, Kembali Top Ranking Google Index

Posted: 17 Sep 2010 08:22 PM PDT

Lepas dari Google Sandbox, Kembali ke Top Ranking Google Index merupakan idaman bagi para blogger yang index website-nya sudah terkena penalty google sehingga terpental jauh kebelakang dalam search engine google.

Pada artikel Ranking Index Google Search Engine Hilang. Google Sandbox sudah sedikit kujabarkan pengalaman terpentalnya ranking index dari google search engine pada website-ku dan beberapa temanku. Mungkin tidak hanya itu penyebab dari hilangnya ranking google index pada suatu website. Tapi penyebab-penyebab itulah yang dapat ku jabarkan sesuai dengan pengalaman yang kualami.

Google SandBox = Trafik Visitor Turun

Mungkin tidaklah berlebihan jika ku sebutkan bahwa “Google SandBox = Trafik Visitor Turun“. Hal itu disebabkan google masih merupakan primadona search engine dibanding dengan search engine lainnya seperti yahoo dan bing.

Salah satu penyebab dari turunnya visitor adalah akibat dari lonjakan visitor mendadak yang dianggap mencurigakan oleh google pada beberapa waktu sebelumnya.

Lepas dari Google Sandbox, Kembali Top Ranking Google Index

Kalau kita perhatikan gambar di atas, turunnya visitor memang dipengaruhi beberapa hal, yang antara lain akibat tembakan pada google trends yang saat ini tidak lagi menjadi booming lagi. Yang beberapa waktu sebelumnya, ranking google index kita kuat di google search engine, akan menjadi kuat dengan keyword google trends tersebut. Keyword lain di website kita akan terpuruk kebelakang dikalahkan oleh keyword google trends yang kita publish-kan. Mungkin hal ini tidak akan terjadi jika yang lagi nge-trend di “pencarian google saat ini” seirama dengan keyword-keyword kita yang lama dan sudah ada sebelumnya.

Setelah pudarnya keyword google trends yang sudah kita publish, disinilah permasalahan baru akan timbul. Setiap posting-an baru kita, akan terpental jauh kebelakang di google search engine. Google SandBox kah ? Belum tentu google sandbox ! Itu kemungkinan juga akibat kekuatan keyword website kita yang mengalami perubahan. Tapi tidak menarik kesimpulan bahwa kemungkinan kita juga kena Google SandBox atau penalty google akibat lonjakan trafik yang mencurigakan bagi google.

Itulah kemungkinan yang menjadi kesimpulanku saat ini. Semua saling berkaitan antara lonjakan trafik visitor website, publish google trends yang tidak seirama dengan keyword kita sebelumnya, pudarnya google trend yang kita ikuti, dan google sandbox.

Kerja Keras untuk Lepas dari Google SandBox

Jika kita sudah terkena penalty google atau google sandbox, dibutuhkan kerja keras dan ekstra waktu untuk lepas dari google sandbox tersebut. Mari kita kembali ke Google Caffeine yang menerapkan sistem fresh content. Jangankan kita yang hanyalah sebagai blogger amatir yang belum mengenal lebih jauh tentang webmaster. Digg yang sebagai web submiter yang terkenal juga mengalami terpentalnya index google search engine. Digg yang dulunya bisa mengalahkan artikel website asli, sekarang index google di digg akan terpental jauh kebelakang akibat duplicate content.

Kerja keras dulu  juga dilakukan oleh digg dengan membuat subdomain baru digg yang mempunyai fasilitas auto publish melalui RSS. Kalau kulihat, hal yang dilakukan oleh digg saat itu adalah untuk memperbanyak publish artikel dan juga untuk mempercepat submit artikel dari suatu website. Deangan adanya RSS submitter tersebut sorang user digg tidak perlu lagi submit secara manual di digg. Artikel user digg akan muncul dan ter-publish dengan cepat di digg.

Lepas dari Google Sandbox, Kembali Top Ranking Google Index

Semua pengalaman yang dilakukan oleh Digg tersebut tidaklah mungkin kita lakukan, karena berbagai macam keterbatasan yang kita miliki. Tapi ide yang diterapkan oleh digg, patut kita contoh dan ikuti walaupun tidak sepenuhnya atau sama persis ide yang dilakukannya yaitu perbanyak posting artikel dan selalu update artikel.

Lepas dari Google Sandbox, Kembali Top Ranking Google Index

Kembali ke top ranking google index dan lepas dari google sandbox adalah hal yang para blogger idam-idamkan jika website-nya mengalami penurunan visitor secara drastis.


Ranking Index Google Search Engine Hilang. Google Sandbox ?

Posted: 17 Sep 2010 06:24 PM PDT

Google search engine, memang merupakan search engine yang paling disukai untuk pencarian dibanding dengan search engine lainnya seperti Bing dan Yahoo.

Ranking Index Google Search Engine Hilang. Google Sandbox ?

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa Bing lebih akurat untuk pencarian, tapi dibanding dengan google search engine, Bing masih kalah jauh untuk peng-update-an data index-nya.

Google Caffeine

Beberapa waktu lalu, setelah munculnya Google Caffeine yang menerapkan algoritma fresh index, banyak yang merasakan “kehilangan” index search engine websitenya. Ada yang benar-benar hilang index web-nya dan ada lagi yang index web-nya yang terpental jauh kebelakang.

Auto Content

Gebrakan per-website-an kembali terjadi setelah munculnya auto content yang memanfaatkan index search engine yang dimasukkan pada data semu search web. Banyak website asli yang mengalami “kekalahan” dengan script auto content ini di search engine google.

Google Trends

Lonjakan berita hot kembali terjadi lagi dengan munculnya berita Ariel Peterpan, Luna Maya, Cut Tari, dan ditambah lagi dengan acara FIFA World Cup 2010. Web Berita, Web Blog, Web Forum bahkan Web Advertiser dan Web Toko Online ikut menyemarakkan berita hot tersebut

Trafik Tinggi

Trafik visitor tinggi. Memang merupakan idaman semua blogger. Auto Content dan tembakan hot keyword di search engine, memang merupakan salah satu pilihan dan solusi untuk itu. Walaupun banyak para blogger yang tidak memakai Auto Content, tapi untuk tembakan hot keyword, tidaklah tidak akan mungkin dilakukan. Artikel yang seirama atau duplicate posting dengan website lain, pastilah tidak dapat terelakkan lagi.

Hot keyword search engine atau di google disebut Google Trends merupakan keyword search engine yang lagi nge-trend saat itu. Setiap saat “trend” tersebut pasti akan tergantikan. Jika pada saat itu, kita dapat mempunyai visitor google search engine yang sangat besar dari keyword tersebut, di saat berikutnya pasti kita tidak akan mendapat visitor keyword tersebut senada dengan berakhirnya “trendkeyword tersebut.

Lonjakan visitor yang besar

Lonjakan visitor yang besar secara mendadak akibat tembakan trends keyword google, seolah pisau bermata dua. Kita akan mendapat visitor yang sangat besar pada saat itu, tetapi di saat lain kita akan kehilangan visitor secara cepat pula. Belum lagi dengan diberlakukannya algoritma google caffeine yang menerapkan fresh content.

Disamping itu, lonjakan visitor besar yang secara mendadak, juga akan membuat “pertanyaan” besar bagi google search engine.

Google Sandbox

Sandbox atau sanboxing merupakan penalty yang diberikan google pada sutu index website di search engine google. Ranking index website di search engine, akan terpental jauh kebelakang bahkan bisa hilang musnah dari dunia per-google-an. Google Sandbox seolah-olah suatu keranjang sampah (recycle bin) yang suatu saat bisa di restore atau di delete.

Google Search Engine ku Hilang

Google Search Engine ku Hilang ….. itupun yang kualami beberapa waktu ini. Dari analisa yang kulakukan di website-ku sendiri dan beberapa website teman, permasalahan-permasalahn di atas lah yang menjadi penyebabnya. Google Sandbox yang merupakan penalty google akan selalu menghantam website dan blog yang mempunyai lonjakan visitor besar yang mencurigakan bagi google.

Lanjut ke :


0 comments: